Monday, 12 October 2009

Tips Menghadapi Gempa

Indonesia adalah negara yang terletak diantara dua lempeng bumi yaitu lempeng asia dan lempeng australia. Kedua lempeng tersebut mengalami penrgerakan terus secara significant per mm setiap tahunnya. Hal inilah secara teoritis yang menyebabkan Indonesia sangat rentan dengan gempa bumi tektonik. Tetapi tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki banyak gunung berapi yang berstatus aktif, dan ini juga menjadi suatu ancaman baru, karena dengan adanya pergerakan lempeng bumi, gempa tektonik ataupun perubahan struktur bumi maka dapat menimbulkan suatu reaksi baru bagi gunung tersebut.
Berikut beberapa tips untuk menghadapi gempa :
1.Tetap tenang dan jangan panik.
2.Jika kamu berada di dalam bangunan atau gedung, segeralah keluar dan berlarilah ketempat yang terbuka seperti lapangan olahraga atau di jalan.
3.Jauhi tempat yang penuh resiko, seperti tiang listrik, papan reklame iklan dan tiang telepon.
4.Selama terjadi gempa kamu harus tetap tenang dan waspada terhadap semua yang di sekitar kamu seperti kondisi tanah atau jalan yang bisa saja menjadi terbelah atau retak.
5.Pada saat terjadi getaran, dianjurkan kamu duduk berjongjok dengan telapak tangan menyentuh bumi. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan kamu sewaktu terjadi getaran yang besar.
6.Tetapi jika kamu di dalam bangunan atau gedung dan kamu tidak bisa keluar, maka berlindunglah di tempat yang paling aman dari bangunan tersebut. Carilah struktur bangunan yang paling kuat.
7.Jangan berdiri di tengah – tengah ruangan, tetapi berlindunglah di tempat yang berdekatan dengan dinding, karena balok (beton melintang diatas yang menghubungkan tiang) tidak pernah patah di tumpuan awal ( 1/4 dari dinding ) tetapi selalu patah di 2/4 dari tengah ( tumpuan lapangan ).
8.Jika tidak memungkinkan maka segera berlindung di bawah meja yang kuat atau berlindung didalam bath up ( bak mandi ), karena struktur bath up kuat dan juga anti api.
9.Selama berlindung tetap waspadai semua yang ada di sekitar kita, seperti kondisi lantai ataupun flapond. Jika terdapat bagian flapond yang retak segera berlari menjauh.
Demikian tips dari saya semoga bermanfaat untuk kita semua. Tetapi perlu diingat bahwa semua ini hanyalah cara kita untuk menanggulanginya mengenai hasilnya tetap dari yang maha kuasa
Post a Comment

Google+ Followers