Monday, 12 October 2009

Sungai Musi dan Hutan Punti Kayu

Sungai Musi

Sungai Musi ini panjangnya 460 km membelah Propinsi Sumatera Selatan dari Timur ke Barat yang bercabang-cabang dengan delapan anak sungai besar yaitu : Sungai Komering, Ogan, Lematang, Kelingi, Lakitan Semangus, Rawas, dan Batanghari Leko. Karena ini Sumatera Selatan dikenal dengan julukan Batanghari Sembilan.
Mengapa dinamai Sungai Musi dan kapan nama tersebut mulai dipakai, tidak ada yang tahu pasti. Nama Musi ini terdapat di India, terjadinya hubungan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan di India atau nama tersebut diambil dari salah satu bahasa daerah Kayuagung \"Musi Beraerti Ikut\" Apakah Musi berarti aliran masih perlu penelitian lebih lanjut.
Apakah nama tersebut ada pada saat menelusuri Sungai Musi ini dapat melihat pemukiman penduduk seperti Rumah Rakit, PT Pusri, Pertamina, Daerah Bagus Kuning, Masjid Lawang Kidul, Masjid Ki Meorgan, Benteng Kuto Besak, Warung Terapung, dan kegiatan masyarakat di sepanjang Sungai Musi tersebut.
Di perairan Sungai Musi ini pada setiap hari jadi Kota Palembang dan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI diadakanla lomba Perahu Bidar dan Perahu Motor Hias. Masyarakat yang menyaksikan peristiwa tidak hanya masyarakat kota Palembang tetapi juga masyarakat luar kota Palembang bahkan wisatawan mancanegara.
Untuk menikamti keindahan Sungai Musi dapat menggunakan Ketek, Speed Boat, atau untuk rombongan dengan jumlah besar dapat menggunakan Kapal Wisata Segentar Alam dan Kapal Putri Kembang Dadar.

Hutan Wisata Punti Kayu

Hutan Wisata Punti Kayu ini dapat dijangkau dengan kendaraan umum trayek km 12 yang letaknya sekitar 7 km dari pusat kotadengan luas sekitar 50ha. Sejak tahun 1938 telah ditetapkan sebagai hutan lindung.
Sejak tahun 1986 hasil kesepakatan antara propinsi Sumatera Selatan dan Departemen Kehutanan, Hutan Wisata Punti Kayu menjadi Hutan Wisata dengan menambah beberapa sarana wisata.
Taman Wisata Punti Kayu dibagi atas 4 wilayah yaitu :
•Wilayah taman rekreasi yang mempunyai fasilitas :
1.Kolam Renang
2.Tempat berteduh
3.Pos Keamanan dan Pos Informasi
4.Kebun Binatang
5.Sarana Olahraga
6.Ruang Serbaguna
•Wilayah hutan lindung
•Wilayah Perkemahan
•Wilayah danau dan rawa
Post a Comment

Google+ Followers