My_DaiLy and My Hope.....

Dunia Diciptakan Bukan Untuk Dikagumi,Tapi Untuk Ditaklukan.., tak ada satu orangpun yang bisa mengubah nasibmu, selain dirimu sendiri,..

Selasa, 15 September 2009

analisa teknis

Analisa teknis atau lebih dikenal dengan istilah analisa teknikal adalah merupakan suatu teknik analisa yang dikenal dalam dunia keuangan yang digunakan untuk memprediksi trend suatu harga saham dengan cara mempelajari data pasar yang lampau, terutama pergerakan harga dan volume [1] Pada awalnya analisa teknikal hanya memperhitungkan pergerakan harga pasar atau instrumen yang bersangkutan, dengan asumsi bahwa harga mencerminkan seluruh faktor yang relevan sebelum seorang investor menyadarinya melalui berbagai cara lain. Analisa teknikal dapat menggunakan berbagai model dan dasar misalnya, untuk pergerakan harga digunakan metode seperti misalnya Indeks Kekuatan Relatif, Indeks pergerakan rata-rata, regresi, korelasi antar pasar dan intra pasar, siklus ataupun dengan cara klasik yaitu menganalisa pola grafik.

Analisa teknikal dikenal secara luas diantara para pedagang saham (atau dikenal dengan sebutan "trader") dan para profesional dibidang keuangan, namun dalam dunia akademis dianggap sebagai pseudosains[2] or "voodoo finance;" it receives little or no direct support from academic sources and is considered akin to "astrology."[3]

Akademisi seperti Eugene Fama mengatakan bahwa pembuktian analisa teknikal ini sangat tipis dan inkonsisten yang merupakan " bentuk kekurangan " dari tehnik yang diterima secara umum yaitu Hipotesa pasar efisien [4].[5][6] Ekonom bernama Burton Malkiel berargumen bahwa "Analisa teknikal merupakan sesuatu yang diharamkan (anathema) dalam dunia akademis" dan selanjutnya ia mengatakan pula bahwa " dalam bentuknya yang merupakan hipotesa efisien pasar yang lemah maka engka tidak akan dapat memprediksi harga saham kedepannya berdasarkan harga yang lampau"."[7]

Dalam pasar valuta asing, analisa teknis ini lebih banyak digunakan para praktisi dibandingkan penggunaan analisa fundamental .[8][9] Beberapa studi internal mengindikasikan bahwa aturan perdagangan tehnikal ini dapat menghasilkan imbal hasil yang konsisten pada periode hingga tahun 1987, [10][11][12][13] kebanyakan penelitian akademis menitik beratkan pada sifat alamiah dari posisi anomali dari pasar mata uang [14] Terdapat spekulasi bahwa anomali ini terjadi sebagai akibat dari adanya intervensi bank sentral



sumber : wikipedia

Label:

Asal mula nama Pulau Sumatera

Asal Muasal nama Pulau Sumatera

Nama asli pulau Sumatera, sebagaimana tercatat dalam sumber-sumber sejarah dan cerita-cerita rakyat, adalah "Pulau Emas". Istilah pulau ameh kita jumpai dalam cerita Cindur Mata dari Minangkabau. Dalam cerita rakyat Lampung tercantum nama tanoh mas untuk menyebut pulau mereka yang besar itu. Seorang ******* dari Cina yang bernama I-tsing (634-713), yang bertahun-tahun menetap di Sriwijaya (Palembang sekarang) pada abad ke-7, menyebut pulau Sumatera dengan nama chin-chou yang berarti "negeri emas".

Dalam berbagai prasasti, pulau Sumatera disebut dengan nama Sansekerta: Suwarnadwipa ("pulau emas") atau Suwarnabhumi ("tanah emas"). Nama-nama ini sudah dipakai dalam naskah-naskah India sebelum Masehi. Naskah Buddha yang termasuk paling tua, Kitab Jataka, menceritakan pelaut-pelaut India menyeberangi Teluk Benggala ke Suwarnabhumi. Dalam cerita Ramayana dikisahkan pencarian Dewi Sinta, istri Rama yang diculik Ravana, sampai ke Suwarnadwipa.

Para musafir Arab menyebut pulau Sumatera dengan nama Serendib (tepatnya: Suwarandib), transliterasi dari nama Suwarnadwipa. Abu Raihan Al-Biruni, ahli geografi Persia yang mengunjungi Sriwijaya tahun 1030, mengatakan bahwa negeri Sriwijaya terletak di pulau Suwarandib. Cuma entah kenapa, ada juga orang yang mengidentifikasi Serendib dengan Srilanka, yang tidak pernah disebut Suwarnadwipa!

Di kalangan bangsa Yunani purba, Pulau Sumatera sudah dikenal dengan nama Taprobana. Nama Taprobana Insula telah dipakai oleh Klaudios Ptolemaios, ahli geografi Yunani abad kedua Masehi, tepatnya tahun 165, ketika dia menguraikan daerah Asia Tenggara dalam karyanya Geographike Hyphegesis. Ptolemaios menulis bahwa di pulau Taprobana terdapat negeri Barousai. Mungkin sekali negeri yang dimaksudkan adalah Barus di pantai barat Sumatera, yang terkenal sejak zaman purba sebagai penghasil kapur barus.

Naskah Yunani tahun 70, Periplous tes Erythras Thalasses, mengungkapkan bahwa Taprobana juga dijuluki chryse nesos, yang artinya 'pulau emas'. Sejak zaman purba para pedagang dari daerah sekitar Laut Tengah sudah mendatangi tanah air kita, terutama Sumatera. Di samping mencari emas, mereka mencari kemenyan (Styrax sumatrana) dan kapur barus (Dryobalanops aromatica) yang saat itu hanya ada di Sumatera. Sebaliknya, para pedagang Nusantara pun sudah menjajakan komoditi mereka sampai ke Asia Barat dan Afrika Timur, sebagaimana tercantum pada naskah Historia Naturalis karya Plini abad pertama Masehi.

Dalam kitab umat Yahudi, Melakim (Raja-raja), fasal 9, diterangkan bahwa Nabi Sulaiman a.s. raja Israil menerima 420 talenta emas dari Hiram, raja Tirus yang menjadi bawahan beliau. Emas itu didapatkan dari negeri Ophir. Kitab Al-Qur'an, Surat Al-Anbiya' 81, menerangkan bahwa kapal-kapal Nabi Sulaiman a.s. berlayar ke "tanah yang Kami berkati atasnya" (al-ardha l-lati barak-Na fiha).

Di manakah gerangan letak negeri Ophir yang diberkati Allah itu? Banyak ahli sejarah yang berpendapat bahwa negeri Ophir itu terletak di Sumatera! Perlu dicatat, kota Tirus merupakan pusat pemasaran barang-barang dari Timur Jauh. Ptolemaios pun menulis Geographike Hyphegesis berdasarkan informasi dari seorang pedagang Tirus yang bernama Marinus. Dan banyak petualang Eropa pada abad ke-15 dan ke-16 mencari emas ke Sumatera dengan anggapan bahwa di sanalah letak negeri Ophir-nya Nabi Sulaiman a.s.

Lalu dari manakah gerangan nama "Sumatera" yang kini umum digunakan baik secara nasional maupun oleh dunia internasional? Ternyata nama Sumatera berasal dari nama Samudera, kerajaan di Aceh pada abad ke-13 dan ke-14. Para musafir Eropa sejak abad ke-15 menggunakan nama kerajaan itu untuk menyebut seluruh pulau. Sama halnya dengan pulau Kalimantan yang pernah disebut Borneo, dari nama Brunai, daerah bagian utara pulau itu yang mula-mula didatangi orang Eropa. Demikian pula pulau Lombok tadinya bernama Selaparang, sedangkan Lombok adalah nama daerah di pantai timur pulau Selaparang yang mula-mula disinggahi pelaut Portugis. Memang orang Eropa seenaknya saja mengubah-ubah nama tempat. Hampir saja negara kita bernama "Hindia Timur" (East Indies), tetapi untunglah ada George Samuel Windsor Earl dan James Richardson Logan yang menciptakan istilah Indonesia, sehingga kita-kita ini tidak menjadi orang "Indian"! (Lihat artikel penulis, "Asal-Usul Nama Indonesia", Harian Pikiran Rakyat, Bandung, tanggal 16 Agustus 2004, yang telah dijadikan salah satu referensi dalam Wikipedia artikel "Indonesia").

Peralihan Samudera (nama kerajaan) menjadi Sumatera (nama pulau) menarik untuk ditelusuri. Odorico da Pardenone dalam kisah pelayarannya tahun 1318 menyebutkan bahwa dia berlayar ke timur dari Koromandel, India, selama 20 hari, lalu sampai di kerajaan Sumoltra. Ibnu Bathutah bercerita dalam kitab Rihlah ila l-Masyriq (Pengembaraan ke Timur) bahwa pada tahun 1345 dia singgah di kerajaan Samatrah. Pada abad berikutnya, nama negeri atau kerajaan di Aceh itu diambil alih oleh musafir-musafir lain untuk menyebutkan seluruh pulau.

Pada tahun 1490 Ibnu Majid membuat peta daerah sekitar Samudera Hindia dan di sana tertulis pulau Samatrah. Peta Ibnu Majid ini disalin oleh Roteiro tahun 1498 dan muncullah nama Camatarra. Peta buatan Amerigo Vespucci tahun 1501 mencantumkan nama Samatara, sedangkan peta Masser tahun 1506 memunculkan nama Samatra. Ruy d'Araujo tahun 1510 menyebut pulau itu Camatra, dan Alfonso Albuquerque tahun 1512 menuliskannya Camatora. Antonio Pigafetta tahun 1521 memakai nama yang agak 'benar': Somatra. Tetapi sangat banyak catatan musafir lain yang lebih 'kacau' menuliskannya: Samoterra, Samotra, Sumotra, bahkan Zamatra dan Zamatora.

Catatan-catatan orang Belanda dan Inggris, sejak Jan Huygen van Linschoten dan Sir Francis Drake abad ke-16, selalu konsisten dalam penulisan Sumatra. Bentuk inilah yang menjadi baku, dan kemudian disesuaikan dengan lidah kita: Sumatera.


Sumber:
http://media-jakarta.blogspot.com/20...-sumatera.html

Label:

Tema Arsitektur Moderen

A. Pengertian Arsitektur
Arsitektur modern muncul karena adanya hasil pemikiran baru mengenai pandangan hidup yang lebih manusiawi, seperti moralis, nasionalis, materialistis, standarisasi dan jujur yang diterapkan dalam bentuk fisik bangunan. Kemajuan teknologi, penemuan bahan-bahan baru dan perkembangan kebudayaan memberi pengaruh besar pada daya kreasi baru para arsitek untuk menciptakan identitas dari hasil karyanya.
Arsitektur dapat diartikan sbb :
a. Arsitektur menurut ensiklopedia Amerika adalah seni, ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan bangunan dan penciptaan ruang untuk kegiatan manusia.
b. Arsitektur menurut Diktat Pengantar Arsitektur (UNSRI,2001) adalah suatu kegiatan terpadu yang tertuju pada mempengaruhi masa depan dari pada menjelaskan peristiwa-peristiwa terkecil di masa lampau.
c. Arsitektur menurut Kamus Bahasa Indonesia : ilmu atau seni pembuatan bangunan, ( kamus bahasa indonesia kontemporer, Drs.Peter Salim)
d. Arsitektur menurut Bruno Zevi, 1957 adalah suatu lingkungan binaan yang diciptakan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

B. Pengertian Modern, menurut Bahasa Indonesia berarti ;
a. Menurut Prof. Ir. Sidharta, berasal dari kata latin “modernus,modo” yang artinya just now atau saat sekarang. Modern dapat diartikan juga tidak menutup diri terhadap inovasi-inovasi baru yang memang sesuai dan dapat diadaptasi oleh kondisi kita.
b. Terbaru, Muktahir, biasanya lebih baik dari yang lama. ( kamus bahasa indonesia kontemporer, Drs.Peter Salim)
c. Sesuatu yang baru, baru, diperbaharui ( kamus bahasa indonesia , WJS Poertwadharminta,1984)

C. Pengertian Arsitektur Modern
Arsitektur Modern dapat diartikan sebagai pernyataan jiwa dari suatu massa, yang dapat menyesuaikan diri dengan perubahan sosial dan ekonomi yang ditimbulkan pada zamannya, yaitu dengan mencari keharmonisan dari elemen modern serta mengembalikan arsitektur pada bidang yang sebenarnya (ekonomis, sosiologis, dan kemasyarakatan). (Congreas Interationaux d’ Architecture Moderne/CIAM, 1928).
Dengan kata lain maka dapat disebutkan Arsitektur Modern adalah arsitektur yang dilandasi oleh komposisi massa dinamis, non aksial dan yang paling penting didasarkan atas pembentukan ruang-ruang, baik didalam maupun diantara bangunan (Ir. Sidharta, Arsitektur Indonesia).
Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwasanya Arsitektur Modern adalah hasil dari pemikiran baru mengenai pandangan hidup yang lebih manusiawi, seperti moralis, nasionalis, materialis, standarisasi serta jujur, yang diterapkan dalam bentuk fisik bangunan.

D. Pengertian arsitektur menurut Kenneth Framton dalam Modern Architecture (1984) yang terdapat dalam konsep arsitektur modern, antara lain :
A. Form Follow Function (Bentuk mengikuti fungsi), dalam pengertian luas mempunyai arti :
a. Ruang-ruang yang direncanakan sesuai dengan fungsinya.
b. Segala hal dalam perancangan bangunan haruslah mengikuti kegunaanya.
c. Perancangan bangunan ditujukan untuk memenuhi persyaratan kebutuhan manusia.
B. Honest Use Of Material (kejujuran dalam penggunaan bahan), dalam pengertian luas mempunyai arti :
a. Harus memiliki kejujuran antara penggunaan bahan bangunan dengan penampilan bentuknya untuk menghindari kepalsuan
b. Penggunaan bahan bangunan lebih banyak diekspose/ diperllihatkan
c. Effisiensi, yaitu menghasilkan banyak fungsi dengan bahan sedikit.
C. Honest Expressions Of Structure (kejujuran dalam ekspresi struktur) dalam pengertian luas mempunyai pengertian :
a. Ornamen, lambang dan dekorasi dianggap tidak fungsional
b. Cenderung menekankan penyelesaian teknis dan ekonomis untuk berbagai masalah.
c. Bangunan menampilkan kekokohan sistem struktur maupun bahan struktur.
d. Kesederhanaan sangat esensial, sehingga bangunan atau struktur diekspose

E. Pengertian arsitektur menurut Rayner Banham dalam Guide to Modern Architecture, terdapat empat kategori yang menggambarkan tentang Arsitektur Modern, yakni :
a. Kategori Fungsi
Bangunan arsitektur modern dirancang sesuai dengan kegunaanya (fungsi) serta menggunakan ukuran dengan sistem modul manusia (Le Corbusier). Adanya penyatuan antara karakter bangunan dengan fungsi (Mies Van de Rohe), yang dimaksudkan adalah perancangan bangunan tidak hanya mempertimbangkan segi dalamnya saja, tetapi juga hubungannya dengan keadaan lingkungan dimana bangunan tersebut akan berdiri, misalnya memperhatikan pengaruh iklim.
b. Kategori Bentuk
Bentuk yang diinginkan mengarah pada bentuk-bentuk sederhana, karena semua style amat kompleks dan dipenuhi oleh ornamen. Arsitektur modern pada dasarnya masih melakukan pengulangan bentuk-bentuk rasional dimana fungsi masih menjadi inspirasi utama.

c. Kategori Kontruksi
Dilihat dari segi kontruksi, perkembangan arsitektur modern ditandai oleh penggunaan kontruksi beton bertulang, baja dan bahan-bahan bangunan yang ringan yang fleksibel untuk membentuk bangunan. Sehingga didapatkan suatu bentuk konstruksi yang ideal, aman, kuat dan nyaman bagi pemakai bangunan tersebut.
d. Kategori Ruang
Konsep ruang yang dikembangkan adalah ruang tak terbatas meluas ke segala arah, terlihat bayangan strukturnya dan teratur sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Dari konsep-konsep yang muncul pada arsitektur modern, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ciri-ciri dari bangunan arsitektur modern antara lain :
a. Bangunan bersifat fungsional, yaitu sebuah bangunan dapat mencapai tujuan semaksimal mungkin sesuai dengan fungsinya.
b. Bentuk bangunan sederhana dan bersih dari ornamen-ornamen.
c. Menggunakan bahan-bahan ringan buatan pabrik.
d. Pengulangan merupakan alat yang penting dalam ekspresi artistik, tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang harus dihindari.

Sedangkan ciri-ciri bangunan arsitektur modern ditinjau dari pemikiran mengenai konsep fungsi, bentuk, kontruksi dan ruang adalah :
a. Berdasarkan Fungsi
Bangunan akan menggunakan modul manusia karena bangunan ditekankan pada fungsinya dan tanggap terhadap kemajuan teknologi. Selain itu adanya penyatuan fungsi dengan karakter bangunan.
b. Berdasarkan Bentuk
Ditekankan bentuk bangunan dengan prinsip arsitektur modern yaitu sederhana, teratur, bersih dari ornamen-ornamen dan adnya kesatuan yang harmonis dari bentuk-bentuk antar massa bangunan. Selain itu bangunan cukup kontekstual serta kemungkinan untuk menghasilkan bentuk-bentuk yang tidak biasa, sesuai perkembangan struktur dan bahan.
c. Berdasarkan Kontruksi
Menggunakan bahan-bahan yang ringan, relatif mudah dalam pengerjaan dan tidak memerlukan perawatan yang berlebihan, serta penggunaan kontruksi beton bertulang atau rangka baja untuk bentang lebar.
d. Berdasarkan Ruang
Konsep ruang yang dikembangkan, yaitu ruang yang tak terbatas meluas kesegala arah. Ruang dari arsitektur modern memiliki hubungan dengan penghuni / pemakai bangunan.

Dari konsep – konsep yang muncul pada arsitektur moderen, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa konsep dari arsitektur moderen antara lain sbb :
1. Form follow function.
2. Bentuk harus berdasaran tuntutan pemakai.
3. Bentuk hubungan erat dengan kondisi kegunaanya.
4. Bentuk didapat dari kondisi konstruksi dan bahan yang dipakai.
5. Penerapan pemakaian struktur dan bahan harus jujur.
6. Dalam menyusun bentuk dikerjakan dengan alam.
7. Jangan menentang atau merombak alam dalam penyusunan bentuk tapi carilah titik kesesuaiannya.
8. Bentuk luar hanyalah suatu lambang dari apa yang sedang berfungsi di dalamnya.

Label:

Bukit siguntang Palembang

Dikeramatkan Sejak Zaman Sriwijaya

Bukit Siguntang adalah salah satu tempat yang dihormati di daerah Palembang. Tidaklah berlebihan jika ini terjadi, karena mengingat tempat ini merupakan satu – satunya tempat dataran tertinggi di Kota Palembang. Selain itu di tempat ini terdapat kompleks pemakaman raja – raja dan keluarganya yang pernah berkuasa di palembang. Bahkan sampai saat ini tempat itu disinyalir sebagai salah satu tempat keramat dan penuh mistis.
Kemasyhuran Bukit Siguntang tidak hanya berkutat di Palembang, tetapi menyebar hingga ke seluruh Sumatera, Malaysia, dan Singapura. Kawasan perbukitan di Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan, itu menjadi cikal bakal pertumbuhan Kerajaan Melayu.

Selain itu Bukit Siguntang dipercayai sebagai cikal bakal Kerajaan Malaka. Menurut hasil penelitian Balai Arkeologi Palembang, Retno Purwanti, mengungkapkan, Bukit Siguntang pernah menjadi pusat Kerajaan Palembang yang dipimpin Parameswara, adipati di bawah Kerajaan Majapahit.

Sekitar tahun 1511, Parameswara memisahkan diri dari Majapahit dan merantau ke Malaka. Di sana dia sempat bentrok dengan pasukan Portugis yang hendak menjajah Nusantara. Adipati itu menikah dengan putri penguasa Malaka, menjadi raja, dan menurunkan raja-raja Melayu yang berkuasa di Malaysia, Singapura, dan Sumatera.

Sekitar tahun 1554 muncul Kerajaan Palembang yang dirintis Ki Gede Ing Suro, seorang pelarian Kerajaan Pajang, Jawa Tengah. Kerajaan ini juga mengeramatkan Bukit Siguntang dengan mengubur jenazah Panglima Bagus Sekuning dan Panglima Bagus Karang.

Kedua tokoh itu berjasa memimpin pasukan kerajaan saat menundukkan pasukan Kasultanan Banten yang menyerang Palembang. Sultan Banten, Sultan Hasanuddin, tewas dalam pertempuran sengit itu. Tetapi, ada juga versi sejarah yang menyebutkan, makam Bagus Sekuning yang sebenarnya justru ada di kawasan Bagus Kuning, di Plaju, Palembang.

Jauh sebelum itu, Bukit Siguntang menjadi pusat keagamaan pada masa Kerajaan Sriwijaya yang berkembang sampai abad ke-14. Sejumlah peninggalan dari kerajaan yang didirikan Dapunta Hyang Srijayanasa itu ditemukan di sini. Ada kemudi kapal Sriwijaya yang ditemukan di kaki bukit, ada arca Buhda Amarawati, dan prasasti Bukit Siguntang yang menjadi bukti penting keberadaan Sriwijaya.

Dengan kata lain Bukit Siguntang itu memang kawasan yang dikeramatkan sejak zaman Kerajaan Sriwijaya, pemerintahan perwakilan Majapahit, dan Kerajaan Palembang. Sampai sekarang pun bukit itu masih dikeramatkan dengan diziarahi banyak pengunjung.

Pengunjung dapat mengurai sejarah Sumatera, Melayu, dan Palembang dengan menelusuri sejarah Bukit Siguntang. Namun, teks penjelasan yang minim membuat sejarahnya menjadi kabur. Saat ini bukit itu lebih banyak diziarahi orang untuk berdoa, tanpa tahu sejarah yang tertoreh di bukit ini.
Sumer : forum sumsel

Sistem pernafasan perut

Pernafasan Perut Pada Pernafasan Yoga

Olahraga Yoga adalah olahraga yang cukup populer di saat sekarang ini. Banyak kalangan yang berusia lanjut mulai tertarik dengan olahraga seperti ini,selain karena mudah untuk dilakukan olahraga ini juga sangat murah dan cocok untuk dilakukan oleh siapa saja. Dewasa ini, peminat yoga tidak hanya dari kalangan lanjut usia saja, tetapi kalangan muda juga mulai tertarik untk mencoba mempelajarinya.

Pada prinsipnya olahraga yoga tidaklah terlalu memiliki banyak aturan atau persyaratan, semua orang bisa melakukannya asalkan memiliki keinginan yang serius untuk mempelajarinya. Sistem pernafasan yang dilakukan pada latihan yoga adalah sistem pernafasan perut bukan pernafasan dada. Posisi yoga yang paling dominan adalah posisi duduk bersila dengan badan ditegakkan dan rileks.

Berikut ini adalah metode latihan sistem pernafasan perut pada yoga :

1. Ambillah posisi duduk bersila dengan sikap yang santai dan rileks. Pandangan lurus kedepan (atau bisa juga mata ditutup),badan ditegapkan dan rata.

2. Posisikan jari jempol bertemu dengan jari tengah lalu letakkan tangan kanan diatas kaki (lutut) bagian kanan dan begitu juga sebaliknya.

3. Ambilah nafas melalui hidung dengan perlahan tanpa mengeluarkan suara dan penuhi semua rongga dada dengan udara. Setelah penuh, maka alirkan udara tersebut ke bagian perut dan tahan selama 5 detik, setelah itu lepaskan atau keluarkan melalui hidung dengan cara perlahan – lahan hingga udara tersebut habis.

4. Lakukan latihan ini secara bertahap dan jangan pernah memaksakan secara berlebihan.

Semua langkah – langkah dalam latihan ini harus dilakukan dengan kondisi tubuh rileks, lupakanlah semua permasalahan yang ada di dalam kehidupan anda, jika anda kesulitan dalam berkosentrasi anda dapat melakukannya dalam ruangan kosong yang tertutup dan remang – remang. Waktu yang paling cocok untuk melakukan latihan ini adalah pada pagi hari atau malam hari sebelum tidur.

Selamat mencoba…,,,

Manfaat pernafasan perut

Pernafasan perut adalah salah satu pernafasan yang telah dipakai ratusan tahun yang lalu di daerah ras kuning. Tidak jelas siapa yang menemukan teknik ini pertama kali. Tetapi saat sekarang ini hampir semua bangsa mulai tertarik untuk mempelajarinya dan mendalaminya.

Sistem pernafasan ini sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan kita, karena dipercaya dapat mengeluarkan toksin di dalam tubuh, selain itu dapat memeperlancar aliran darah di seluruh tubuh.

Pada prakteknya sistem pernafasan ini tidak hanya dilakukan pada posisi yoga, andapun dapat melakukannya di setiap tempat yang mendukung. Seperti saat duduk santai di kantor, di rumah ataupun saat berbaring di tempat tidur. Tetapi untuk permulaan anda hanya boleh melakukannya pada posisi latihan, yaitu duduk bersila.

1. Adapun beberapa manfaat dari sistem pernafasan perut adalah sbb :

2. Untuk membantu dan memperbaiki metabolisme tubuh.

3. Untuk mengatur peredaran darah.

4. Dapat mengurang emosi seseorang dan kondisi kejiwaan dari orang tersebut.

5. Dapat membantu mengurangi ejakulasi dini pada pria saat melakukan hubungan suami istri.

6. Untuk latihan pernafasan pada tenga dalam.

7. Dapat berfungsi sebagai sumber tenaga atau energi atau chi.

8. Dan yang terakhir disinyalir dapat membuat awet muda.

Latihan pernafasan ini bukanlah sesuatu yang bersifat instant, tetapi berkala dan akan meberikan hasil yang significant jika dilakukan dengan teratur. Oleh karena itu diperlukan kesabaran dan ketekunan dalam melakukannya. Tentu saja disertai dengan keinginan yang serius dan kuat dari seseorang tersebut, maka akan mendapatkan hasil yang dikehendaki.

Selamat mencoba..,

Label: