Tuesday, 15 September 2009

Sistem pernafasan perut

Pernafasan Perut Pada Pernafasan Yoga

Olahraga Yoga adalah olahraga yang cukup populer di saat sekarang ini. Banyak kalangan yang berusia lanjut mulai tertarik dengan olahraga seperti ini,selain karena mudah untuk dilakukan olahraga ini juga sangat murah dan cocok untuk dilakukan oleh siapa saja. Dewasa ini, peminat yoga tidak hanya dari kalangan lanjut usia saja, tetapi kalangan muda juga mulai tertarik untk mencoba mempelajarinya.

Pada prinsipnya olahraga yoga tidaklah terlalu memiliki banyak aturan atau persyaratan, semua orang bisa melakukannya asalkan memiliki keinginan yang serius untuk mempelajarinya. Sistem pernafasan yang dilakukan pada latihan yoga adalah sistem pernafasan perut bukan pernafasan dada. Posisi yoga yang paling dominan adalah posisi duduk bersila dengan badan ditegakkan dan rileks.

Berikut ini adalah metode latihan sistem pernafasan perut pada yoga :

1. Ambillah posisi duduk bersila dengan sikap yang santai dan rileks. Pandangan lurus kedepan (atau bisa juga mata ditutup),badan ditegapkan dan rata.

2. Posisikan jari jempol bertemu dengan jari tengah lalu letakkan tangan kanan diatas kaki (lutut) bagian kanan dan begitu juga sebaliknya.

3. Ambilah nafas melalui hidung dengan perlahan tanpa mengeluarkan suara dan penuhi semua rongga dada dengan udara. Setelah penuh, maka alirkan udara tersebut ke bagian perut dan tahan selama 5 detik, setelah itu lepaskan atau keluarkan melalui hidung dengan cara perlahan – lahan hingga udara tersebut habis.

4. Lakukan latihan ini secara bertahap dan jangan pernah memaksakan secara berlebihan.

Semua langkah – langkah dalam latihan ini harus dilakukan dengan kondisi tubuh rileks, lupakanlah semua permasalahan yang ada di dalam kehidupan anda, jika anda kesulitan dalam berkosentrasi anda dapat melakukannya dalam ruangan kosong yang tertutup dan remang – remang. Waktu yang paling cocok untuk melakukan latihan ini adalah pada pagi hari atau malam hari sebelum tidur.

Selamat mencoba…,,,

Manfaat pernafasan perut

Pernafasan perut adalah salah satu pernafasan yang telah dipakai ratusan tahun yang lalu di daerah ras kuning. Tidak jelas siapa yang menemukan teknik ini pertama kali. Tetapi saat sekarang ini hampir semua bangsa mulai tertarik untuk mempelajarinya dan mendalaminya.

Sistem pernafasan ini sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan kita, karena dipercaya dapat mengeluarkan toksin di dalam tubuh, selain itu dapat memeperlancar aliran darah di seluruh tubuh.

Pada prakteknya sistem pernafasan ini tidak hanya dilakukan pada posisi yoga, andapun dapat melakukannya di setiap tempat yang mendukung. Seperti saat duduk santai di kantor, di rumah ataupun saat berbaring di tempat tidur. Tetapi untuk permulaan anda hanya boleh melakukannya pada posisi latihan, yaitu duduk bersila.

1. Adapun beberapa manfaat dari sistem pernafasan perut adalah sbb :

2. Untuk membantu dan memperbaiki metabolisme tubuh.

3. Untuk mengatur peredaran darah.

4. Dapat mengurang emosi seseorang dan kondisi kejiwaan dari orang tersebut.

5. Dapat membantu mengurangi ejakulasi dini pada pria saat melakukan hubungan suami istri.

6. Untuk latihan pernafasan pada tenga dalam.

7. Dapat berfungsi sebagai sumber tenaga atau energi atau chi.

8. Dan yang terakhir disinyalir dapat membuat awet muda.

Latihan pernafasan ini bukanlah sesuatu yang bersifat instant, tetapi berkala dan akan meberikan hasil yang significant jika dilakukan dengan teratur. Oleh karena itu diperlukan kesabaran dan ketekunan dalam melakukannya. Tentu saja disertai dengan keinginan yang serius dan kuat dari seseorang tersebut, maka akan mendapatkan hasil yang dikehendaki.

Selamat mencoba..,

Post a Comment

Google+ Followers